Senin, 13 Juni 2011

Tips Bermain Gitar-Cara belajar Chord

Tips Bermain Gitar-Cara belajar Chord Gitar

Banyak orang yang bercita-cita tinggi untuk belajar cara bermain gitar.Namun, belajar gitar bukanlah lelucon, Diperlukan keseriusan dan ketekunan agar dapat bermain gitar dengan baik. langkah awal yang bisa Anda tempuh adalah dengan menghafal dan memainkan chord-chord pada gitar. Artikel ini mencoba untuk memberikan beberapa tips untuk membantu Anda yang ingin belajar bagaimana memainkan akord gitar.

1. Carilah Diagram Chord (Bisa dari buku atau lainnya).
Bermain chord Gitar sama halnya dengan bermain chord pada Organ. Jika kita belajar main gitar sendiri (Autodidac), memiliki buku akord gitar adalah yang terbaik. Sebuah buku chord gitar mengajarkan kita bagaimana posisi jari pada saat menekan membentuk suatu chord. Menghafal akord tanpa bantuan seorang guru gitar akan menjadi tugas yang mustahil kalau bukan karena buku akord.



2. Satu per satu
Ada puluhan akord gitar yang berbeda dan menunjukkan formasi yang berbeda-beda. Mencoba untuk mengingat semua akord secara langsung adalah hal yang tidak mungkin. Belajar bagaimana memainkan akord gitar memerlukan kesabaran, ketekunan dan banyak latihan. Cobalah berlatih tiga jenis chord terlebih dahulu yang dapat dimainkan bersama-sama (misal. AED). Setelah itu, cobalah untuk membiasakan diri dengan transisi antara akord. 

3. Membiasakan tangan kanan
Hal penting yang harus diingat ketika belajar bermain chord gitar adalah bahwa gerakan tangan kanan sama pentingnya dengan gerakan tangan kiri. Kebanyakan pemula, pada saat menggenjreng gitar, tangan kanan berhenti ketika tangan kiri berganti dari chord satu ke chord berikutnya. Ini normal pada beberapa hari pertama latihan. tetapi pada suatu saat, tangan kanan harus mendikte tempo gerakan kedua tangan.

4. Mendengarkan lagu Dan Mencoba Memainkannya Dengan Gitar Anda
Orang yang belajar gitar mempunyai beberapa inspirasi di belakang kepalanya. Carilah lagu yang Anda sukai dan mulailah memainkannya dengan gitar Anda.

5. Pelajari Berbagai Bentuk Akord
Seperti yang dinyatakan sebelumnya, akord gitar terdiri dari berbagai bentuk. Kita harus akrab dengan bentuk yang berbeda sehingga membawa fleksibilitas untuk bermain.


Memainkan akord gitar tidaklah sesulit yang dibayangkan. Yang dibutuhkan adalah ketekunan dan kemauan yang kuat dari diri sendiri untuk dapat bermain gitar. Akord gitar adalah bagian penting dari permainan gitar. Jika seseorang memiliki ketekunan dan gairah untuk bermain gitar, ia akan belajar bagaimana memainkan akord dan maju ke pelajaran yang lebih rumit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar